Selamat Datang di Website Resmi Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Jam Pelayanan Kantor dibuka jam 08.00 - 13.00 WIB  

Wilayah Desa

Mbah Manto 24 November 2018 14:05:14

Desa Jatimalang merupakan salah satu dari 17 Desa di wilayah Kecamatan Arjosari yang terletak 1 Km ke utara dari kota Kecamatan, dengan batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah Utara                : Desa Temon

Sebelah Timur                : Desa Gembong

Sebelah Selatan            : Desa Arjosari

Sebelah Barat                : Desa Tremas

Secara administratif, Desa Jatimalang terdiri dari 4  Dusun,  yaitu :

  • Dusun Krajan Kulon
  • Dusun Krajan Wetan
  • Dusun Purwodadi
  • Dusun Sinoman

Desa Jatimalang  mempunyai luas wilayah seluas 169,16 hektar, terdiri dari :

Pemukiman                            : 49         Ha

Persawahan                            : 52         Ha

Kuburan                                 : 4           Ha

Pekarangan                            : 27         Ha

Perkantoran                            : 0,097   Ha

Prasarana Umum Lain              : 11          Ha

 

 

ARTIKEL TENTANG DESA JATIMALANG, KEC. ARJOSARI, KAB. PACITAN / TEMPAT TINGGAL SEKARANG


1.     Asyiknya bergotong royong
  “Segala hal akan terasa mudah jika dilakukan bersama-sama”,“ringan sama dijinjing,berat sama di pikul”. Begitulah kata pepatah. Untuk meningkatkan semangat para pembaca dalam bekerja sama. Sangat bermanfaat sekali jika kita menerarapkan kata-kata pepatah tersebut. Baik dalam lingkungan keluarga,sekolah,maupun dalam lingkungan masyarakat kita. Serta sangat merugi sekali jika kita  hanya menjadikan tutur kata dari pepatah tersebut hanya menjadi sebuah hiasan dinding saja, tanpa di terapkan dalam lingkungan sekitar kita.            Dengan demikian marilah kita terapkan kata-kata bijak dari pepatah tersebut, agar kata-kata tersebut bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri,lebih-lebih untuk kepentingan orang banyak atau masyarakat. Ternyata klau kita melakaukan apa yang telah pepatah tuturkan, ternyata memang benar kejadiannya, oleh Karena itu kita jangan pernah meremehkan para pepatah,karena mereka tidak sembarang dalam membuat kata-kata  atau motto bagi kehidupan masyarakat. Mereka membuat kata-kata atau motto itu sudah mereka praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.            Begitu juga di tempat tinggalku,banyak sekali para warga yang mengadakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar,apalagi di rumahku sendiri. Kami sekeluarga sempat melakukan kerja bakti membersihkan rumah,dan lingkungan sekitar,lebih-lebih di kebun kami. Ternyata semuanya terasa mudah dan cepat selesai kalau dikerjakan bersama-sama, bahkan kamipun tidak merasa kalau kurang lebih 2 jam kami bergotong royong,saking asyiknya bergotong royong hingga lupa waktu untuk istirahat.            Tapi sekali pun capek yang mengguyur tubuh kami, hasilnyapun sangat memuaskan serta semuanya terasa sangat nyaman dan lega, karena jika lingkungan bersih pemandangannya pun jadi indah, dan kami pun jadi senang karena telah membuat orang lain merasa nyaman.           Begitu juga ketika salah satu tetanggaku mengalami kebanjiran karena selokannya yang kurang lebar, sehingga para warga bahkan kepala desaku turut berpartisipasi  melebarkan selokan yang ada di depan rumah atau di pinggir jalan raya tersebut. Banjir itu bukan hanya di derita oleh tetanggaku saja melainkan puskesmas yang berada di dekat rumahnyapun juga mengalami kebanjiran, sehingga para warga bersama-sama atau bergotong royong untuk memperlebar selokan itu .


2.     Rumahku
Korden selalu dibuka ketika hari sudah agak siang atau petang telah berlalu,pompa air dihidupkan hingga airpun mengalir dengan derasnya,mengisi bak mandi yang airnya sudah hampir setengah bak telah terisi penuh kembali dan semua penghuni rumah mandi dengan bergantian,karena jika mandi terlalu petang atau waktu akan sholat subuh. Air terasa dingin sehingga kamipun mandi agak siangan sambil menunggu antrian, kami menyiapkan berbagai peralatan untuk mandi seperti handuk.            Rumahku tidak terlalu besar,tidak juga terlalu kecil. Jadi rumahku sedang-sedang saja. Aku hidup dengan sederhana,meskipun terkadang merasakan pahitnya kehidupan yang ku alami, tapi hanya dengan ikhlas dan sabarlah semuanya bisa aku alami dan aku jalani dengan mudah. Karena dengan ikhlas dan sabar  aku bisa bertahan hidup dan bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang aku alami.            Rumahku adalah rumah pertama bagiku, rumah dimana setiap hari aku tempati, tempat naungan bagiku dan juga keluargaku, tempat berteduh kami jikalau hujan datang dan panaspun menjelang. Serta dengan adanya rumahku aku merasa terlindung dari bahaya. Itulah gunanya adanya sebuah rumah bagi kami sehingga kami harus bisa merawat atau menjaga rumah kami agar kita kerasan dirumah sendiri, dan selalau merasa nyaman.            Rumah itu merupakan kebutuhan pokok atau yang paling utama bagi manusia,jadi seperti apapun bentuk rumah yang kita miliki kita wajib mensyukurinya, karena rumah itu merupakan pemberian dari ALLAH, bukan berarti ALLAH langsung menurunkan rumah dari langit, mel;ainkan ALLAH memberikan rejeki kepada kita sehingga kita bisa membeli rumah atau membuatnya sendiri dengan menyuruh orang yang ahli dalam bangunan. Begitu juga denganku, ayahku diberi rejeki oleh ALLAH melalui pekerjaanya. Dia mencari nafkah untuk kebutuhan keluargaku, sehingga ALLAH memberikan jalan kepadanya sehingga kami bisa mendirikan sebuah rumah yang sederhana.            Dengan demikian, syukurilah apa yang kita miliki sekarang ini, karena jika kita selalau bersyukur kepada ALLAH, maka ALLAH-pun akan semakin sayang kepada kita dan akan menambah pula rejeki yang kita miliki, sehingga kita harus banyak-banyak bersyukur dan selalu ber-ikhtiar serta tawakkal kepada ALLAH swt atas usaha yang kita lakukan. Demikianlah uraian mengenai adanya sebuah rumah. Semoga ada manfaatnya dan semoga kita semakin menjadi orang yang selalu istiqomah kepada ALLAH dalam segala hal.


3.     Ditengah-tengah  sulitnya kesejahteraan
Sejahtera berarti sebuah ketentraman. Bisa juga diartikan sebagai kedamaian. Sehingga sejahtera merupakan keadaan yang tentram,aman ,damai. Sejahtera biasanya terdapat dalam suatu lingkungan masyarakat,sekolah,ataupun keluarga dsb. Titik puncak kesejahteraan biasanya pada sebuah kebahagiaan, dan kebahagiaan itu bisa berasal dari suatau keadilan atau telah di tegakkan keadilan seadil-adilnya. Lingkungan aman dan tentram, serta dapat juga berasal dari sebuah kelancaran dalam bidang ekonomi dsb.Akan tetapi untuk mencapai semua itu di dalam lingkungan tempat tinggalku tidaklah mudah. Karena dalam mencapai suatu keamanan dalam lingkungan tempat tinggalku sangatlah sulit,apalagi tidak semua oaring mau dan bisa menaati aturan yang baik, karena keberagaman sifat dan ekonomi mereka. Entah mengapa semuanya jadi begini. Apakah karena adanya kemalasan dalam berusaha untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Aku tak tau karena yang tau hanya orang tersebut dan ALLAH swt.Mungkin bagi  yang sudah tau orang-orang di lingkungan tempat tinggalku  (Jatimalang), pastilah mereka tidak akan heran akan sikap-sikap yang tidak baik, yang dilakukan oleh orang di desaku. Karena dengan sikap ketidak baikannya itu menimbulkan dampak yang sangat buruk sekali bagi mereka yang melakukan hal buruk tersebut serta juga dapat berdampak tidak baik bagi desa Jatimalang.Dampak tidak baik bagi desa Jatimalang yaitu tercemarnya nama baik desa Jatimalang. Seperti: mohon maaf sebelumnya karena orang-orang Jatimalang itu terkenal ada yang sering merampok,mencuri dsb, sehingga desa Jatimalang terkenal gara-gara orang yang tidak baik tersebut. Tetapi meski begitu, kepala desa kami turut menjalankan sebuah siskamling, tetapi hal itu jarang dilakukan, bahkan sepertinya sekarang-sekarang ini sudah tidak ada siskamling tersebut.Dirumahku saja dulu sempat akan kehilangan sepeda pelayaran, akan tetapi yang namanya saja sudah takdir ALLAH, sepedaku tidak jadi diambil, akan tetapi bagi para pendatang selalu berhati-hati saja kemanapun anda pergi, seterkenal apapun desa kami, tapi tidak setiap waktu terjadi perampokan dan pencurian, melainkan terkadang pada waktu musiman, ketika akan mendekati hari lebaran dan sebagainya,sehingga jangan terlalu takut bepergian ke desa kami.


4.     Kelumrahan di desaku
Apa sih lumrah itu ?Lumrah itu adalah suatau hal yang biasa dilakukan seseorang atau  masyarakat. Disetiap desa ataupun kota pasti akan memiliki cirri-ciri yang khas, yang menggambarkan adat-istiadat atau suatu kebiasaan yang sering mereka lakukan di lingkungan tempat tinggalnya. Lumrah itu berarti biasa atau wajar-wajar saja. Lumrah tidak hanya dalam hal adat-istiadat atau suatu kebiasaan melainkan dapat berupa dalam suatau karakteristik yang menggambarkan dalam diri seseorang, dan sebagainya.Mungkin kita sering mendengar kata lumrah, misalkan :” hal itu lumrah dilakukan” atau ” hal itu adalah hal yang lumrah”. Jika didesaku ( Jatimalang ) itu sekarang –sekarang ini kebanyakan orang yang kawin muda, memang dulu-dulunya sudah ada orang yang menikah terlalu muda seperti masih berumur 15 tahun,dan sebagainya. Akan tetapi sekarang-sekarang ini lebih banyak para pemuda berumur 15 tahun sudah menikah. Bahkan ada yang punya keturunan. Entah apa yang akan di kasih oleh ayahnya jika ayahnya tidak mempunyai pekerjaan atau penghasilan.Alasan-alasan dari orang tua yang menikahkan anaknya yang masih terlalu muda itu hampirlah ada unsur kesamaan. Misalkan para orang tua mempunyai alas an bahwa “ sekalipun sekolah tinggi-tinggi perempuan itu juga akan masuk kedalam dapur juga”. Begitulah kata-kata yang sering saya dengar dari para ibu-ibu,serta ada juga yang beralasan bahwa takut anaknya berbuat hal-hal yang tidak baik dan takut tidak bisa menjaga diri dimanapun mereka berada,serta vberbagai alasan-alsan lainnya.Memang sangat sulit mengubah pola pikir seseorang yang biasa ia lakukan dari pola piker tersebut, apalgi dalam suatu desa yang menganggap kawin muda itu adalah hal yang lumrah dilakukan oleh mereka. Sehingga semakin banyak pula para penerus dari warga yang berpola pikir sangat sempit dalam mengartikan sebuah pernikahan. Karena pernikahan itu sebenarnya membutuhkan mental yang kuat,kesiapan diri dalam berkomitmen,dan mempunyai biaya untuk menafkahi keluarganya, sehingga sebelum menikah itu harus mempunyai penghasilan dan persiapan-persiapan lainnya harus disiapkan bagi orang yang berkomitmen (menikah)Akan tetapi jika di kota sangat tidak lumrah. Hal itu (kawin muda) di lakukan. Kebanyakan dari mereka sudah memenuhi syarat-syarat seseorang yang ingin berkomitmen (menikah). Itulah yang paling baik untuk dilakukan sehingga orang-orang desa seandainya mau berfikir yang baikuntuk masa depan anaknya. Maka enaklah sudah masa depan mereka.mereka akan banyak-banyak mencari ilmu dulu dan mempersiapkan diri untuk menciptakan rumah tangga yang baik, yang sakinah,mawaddah.warohmah.


5.   Suasana yang merdu
Mendengar sebuah kata “ merdu “,mengingatkan dalm sebuah alunan-alunan lagu yang sering kali ku dengar setiap hari. Alunan-aluna lagu itu tidak hanya dalm sebuah music yang sudah beredar dikalangan masyarakat, melainkan sebuah lagu yang asli dan murni keluar dari dalam tubuhnya atau suaranya. Tidak begitu sulit menebaknya karena setiap hari dia selalu berada dirumahku, karena dia merupakan bagian dari kepemilikan orang tuaku terutama ayahku.
Suasana yang sepi akan menjadi ramai karena suaranya dia itu adalah ayam milik  ayahku. Ayam itu selalu dipelihara dengan baik. Dengan adanya suara itu dapt meramaikan suasana yang sepi. Suaranya sangat merdu. Ayam tersebut sangatlah banyak manfaatnya. Salah satunya dengan mendengar suaranya akan membuat kita semakin tambah semangat bekerja, akan tetapi hal itu bagi orang-orang tertentu saja yang menyukai untuk memelihara ayam atau menyukai kebiasaan-kebiasaan ayam-ayam yang membuatnya semakin terkesan.Terutama dilingkungan keluargaku atau tempat tinggalku, karena setiap hari selalu terdengar suara ayam yang sangat merdu dan sering kali pula ayam tersebut dapat juga membangunkan tidur,sehingga dapt membantu membangunkan orang tidur dan membuatnya tidak kesiangan. Dengan suarannya juga dapat menandakan bahwa hari sudah pagi. Dengan demikian banyak manfaat yang kita peroleh dengan memelihara ayam.Suasana-suasana yang sepi dan membosankan dapat menjadi ramai dan sangat merdu dengan suara ayam yang berkokok tersebut. Jika suasana merdu sering kita dengar maka dapat juga menghilangkan kestressan  seseorang, dengan demikian suasana yang merdu itu merupakan suasana yang sangat indah terdapat berbagai bunyi yang menyejukkan hati. Contohnya tidak hanya suara ayam berkokok, melainkan juga suara orang ngajiDidesaku juga sering mengadakan suatu acara pengajian, dan sebagainya. Dengan mendengar lantunan ayat-ayat suci al- quran yang dibacakan dalam pengajian tersebut dapat membuat hati para warga pun jadi tenang dan suasanapun menjadi indah nan merdu  dengan lantunan ayat-ayat al-quran tersebut. Sehingga dengan demikian banyaklah pula manfaat atau faedah yang dapat kita ambil dari acara pengajian tersebut. Suasana yang merdu itulah yang di inginkan oleh semua warga didesaku


6.     Penyebab panasAkhir-akhir ini suasana rumah sangat panas sekali.

Maksud dari panas tersebut bukan berarti suasana rumah panas karena adanya suatau masalah ataupun desa jadi galau. Akan tetapi panasnya suatu desa tersebut karena faktor cuaca sehingga karena lingkungan panas mengakibatkan suasana dalam rumahpun jadi panas atau sumu’ sekali, kenapa ya panasnya tersebut sampai meneteskan banyak keringat ?Menurut pendapatku mungkin karena didesaku akan turun hujan atau akan datangnya musim kemarau, yang mengakibatkan hujan terakhir turun, sehingga panasnya pun sangat menyengat dan banyak meneteskan keringat , sehingga jika pintu rumah ditutup panasnya pun semakin menjasi. Oleh karena itu pintu rumah selalu dibuka lebar-lebar. Tidak hanya keluargaku saja yang merasakannay melainkan semua orang di desaku. Hal itu berdasarkan cerita dari ayahku sewaktu menghadiri acara tahlilan ditempat tetanggaku.Menurut ceritanya sewaktu dia datang ke acara tahlilan banyak warga yang bercerita tentang panasnya hari itu, sampai-sampai mereka tidak kuat. Panasnya benar-benar terasa, hingga banyak mengeluarkan keringat, maka kita dianjurkan banyak-banyak minum air putih untuk memaksimalkan efektifitas pada tubuh kita.caranya minumlah 2 gelas air putih setelah bangun tidur, gunanya untuk membantu mengaktifkan organ-organ internalSelain itu, juga di anjurkan untuk minum 1 gelas air putih sebelum makan untuk membantu fungsi pencernaan dan ginjal, dan 1 gelas air sebelum mandi dapat membantu menurunkan tekanan darah,serta 1 gelas air sebelum tidur untuk menghindari stroke atau serangan jantung.begitulah cara yang baik ketika kita akan meminum air putih sesuai dengan tata cara yang sudah saya sebutkan sebelumnyaMemang ketika kita berfikir secara realita semua yang akan terjadi dan yang sudah terjadi merupakan kehendak ALLAH swt, kita tidak selayaknya untuk mengeluh, melainkan kita harus mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh ALLAH swt. Begitu juga dengan suasana atau keadaan yang terjadi di tempat tinggalku atau di desaku. ALLAH memberikan panas untuk warga di desaku dan semua orang yang merasakannya agar kita semua selalu bersyukur akan nikmat yang diberikan ALLAH kepada kita

7.     Indahnya beramal
Mendengar kata amal,mengingatkan kita agar selalu menyumbangkan atau menyedahkan sebagian atau sedikit harta kita untuk acara koin seperti yang diadakan di berbagai yayasan anak yatim  Seperti ABA AL AITAM yang berada di Lingkungan Pondok Pesantren ATTARMASIE Arjosari, Pacitan. Amal itu berarti memberikan atau menyedahkan atau dapat juga diartikan suatu perbuatan. Dengan demikian beramal berarti memberikan sebagian atau sedikit harta kita kepada yang membutuhkan atau yang mengerjakan suatu perbuatan kebaikan untuk orang lain.Hal ini berkaitan dengan perbaikan masjid yang ada di desaku yaitu desa Jatimalang. Masjid ini dulu didirikan oleh para pendahulu yang Kemudian setelah wafat,karena masjid ini lama-kelamaan terdapat banyak kerusakan, sehingga para warga sepakat untuk memperbaikinya menjadi yang lebih bagus lagi. Dengan demikian ada beberapa warga yang sepakatuntuk diadakannya sumbangan setiap bulannya. Hal itu dilakukan oleh beberapa warga yang mendatangi setiap rumah-rumah di desa kami.Akan tetapi jika ada yang ingin menyumbangkan diluar sumbangan per-bulan tersebut sangat diperbolehkan sekali. Serta di jalan raya dekat masjid ini juga ada kotak amal bagi yang ingin menyumbangkan langsung ceburkan atau masukkan saja kedalam kotak amal tersebut. Sehingga perbaikan masjid ini akan segera diselesaikan,meskipun memerlukan waktu yang sangat  lumayan lambat atau lama,akan tetapi jika dikerjakan setiap hari atau sedikit demi sedikit insyaallah akan selesai juga.Manfaat orang yang selalau beramal sangatlah banyak, salah satunya dapat menambah pahala, dan dapat membantu seseorang yang memerlukan sehingga dapat mengurangi beban orang tersebut.serta harus didasarkan dengan ke ikhlasan, karena keikhlasan merupakan kunci dalam suatu amalan. Kalau kita ikhlas insyaalah hati kitapun jadi bersih dan terhindar dari berbagai macam prasangka yang tidak baik atau fikiran negative atau curiga akan hal-hal yang tidak baik pada orang lain.Betapa indahnya jika semua warga didesaku sadr dan mau beramal demi kepentingan masjid di desa ini. Pasti dana untuk perbaikan masjid di desaku akan segera selesai. Dengan demikian beberapa warga melakukan berbagai sumbangan perbulan kerumah-rumah warga sebagai mana yang telah saya jelaskan sebelumnya serta ada juga warga yang selain menyumbangkan sebagian harta untuk masjid ini juag ada ayang menyumbangkan tenaganya untuk membantu memperbaiki masjid ini.


8.     Harapan ketua RT
Dalam lingkungan di desaku biasanya sebelum di adakan pesta perkawinan biasanya mendirikan terop, waktunya sebelum hari H pesta pernikahan tersebut diadakan. Sehingga orang-orang atau warga setempat  yang diundang akan mendatangi acara memasang terop tersebut sehingga jika dikerjakan secara bersama-sama akan cepat selesai, akan tetapi hal tersebut sudah tidak ada lagi dilakukan,entah kenapa,sehingga ketua RT-nya pun jadi tidak nyaman dengan adanya perubahan tersebut.Perubahan itu berupa, jika terop yang didirikan dilakukan sebelum hari H dan dilakukan secara bersama-sama hal tersebut berubah menjadi tidak dilakukan secara bersama-sama atau didirikannya terop tersebut tidak dilakukan oleh para undangan sehingga mereka datang ke acara tersebut seperti hanya memakan makanan di acara tersebut. Dengan demikian kesanyapun kurang baik bagi warga lain yang baru tetang kehidupan didesaku.Itulah yang membuat ketua RT didesaku ingin merubah adat yang tidak baik tersebut, padahal untuk merubahnya sangatlah sulit, karena sudah banyak warga yang mengadakan acara atau adat seperti itu karena adat tersebut sangatlah kurang baik  tersebut, sehingga adat yang benar itu dalam mendirikan terop,warga yang datanglah yang ikut membantu mendirikannya.Sehingga warga yang datang tidak hanya duduk manis melainkan juga ada yang ikut membantu. Karen para warga juga ada yang merasa tidak nyaman jika ketika acara mendirikan terop tersebut mereka hanya datang makan saja, sedangkan acara pemasangan terop sudah selesai ketika  hari sebelumnya sehingga tidak semua warga yang tidak sadar akan hal yang kurang baik tersebut,ada juga sebagian yang tidak melakukan hal-hal yang tidak baik atau kurang berkesan baik tersebut.Akan tetapi masih tidak semua orang atau warga yang menegakkan hal-hal baik tersebut atau merubah adat yang kurang baik menjadi yang lebih baik lagi. Itulah harapan ketua RT agar semua warga dapat melakukan adat-adat yang baik dalam lingkungan di desaku. Hanya saja ketua RT tidak berhasil merubah adat-adat yang kurang baik tersebut, radahal ketua RT sudah berusaha merubahnya, akan tetapi apalah daya jika satu orang melawan 1000 orang, itulah ibarat bagi ketua RT.


9.     Sebuah impian
Impian itu merupakan sebuah keinginan seseorang. Pastinya keinginan tersebut merupakan suatu keinginan yang baik, mustahil jika seseorang tersebut menginginkan hal buruk atau hal-hal yang tidak baik dalam hidupnya, karena keinginan tersebut merupakan sebuah harapan manusia untuk menjadi yang lebih baik. Dalam artian lebih baik tersebut yakni lebih baik dalam okonomi,pendidikan,budaya dan sebagainya.Impian tersebut merupakan suatu hal yang sering di alami oleh manusia karena manusia tersebut hidup bukan hanya hidup tanpa arah ataupun hidup tanpa tujuan, melainkan manusia itu juga harus punya prinsip atau tujuan dalam hidupnya. Karena hal itu sangatlah penting dalam kehidupan kita karena jika kita hidup tanpa adanya suatu tujuan maka kita hanya akan melakukan suatu hal yang tidak akan mencapai titik temunya.Begitu  pula impian warga-warga didesaku dalam mencapai suatu keamanan,kesejahteraan,adil dan makmur. Karena impian-impian mereka masih saja terhalang oleh berbagai hal atau salah satu warga sendiri yang merusak impian itu, sehingga yang namanya keamanan tersebut masih saja terdapat berbagai kendala untuk mencapai suatau desa yang selalu aman. Sehingga jika kita ingin tercapainya suatu keinginan tersebut maka juga harus memerlukan sebuah kerja sama antar wargaSehingga untuk mencapai suatu kesejahteraan dan keamanan yang benar-benar aman sangatlah dibutuhkan sebuah kerja sama antar warga demi tercapainya suatu keinginan tersebut.dalam keinginan yang baik sangatlah perlu untuk diwujudkannya, akan tetapi dalam suatu keinginan yang buruk atau kurang baik maka jauhilah keinginan tersebut, jangan sampai kita malh melaksanakan hal-hal atau keinginan  yang tidak baik tersebut. Bahkan jauhilah diri kita dari suatu hal atau keinginan yang kurang baik tersebut.Serta jangan sampai pula kita membiarkan orang-orang disekeliling kita melakukan suatu hal yang kurang baik,  yang sekiranya dapat merusak segala hal demi tercapainya suatu desa yang aman,da,mai,tentram sejahtera dan sebagainya. Karena hal itu merupakan kehidupan yang ingin sekali dirasakan oleh semua warga. Memang semua niat ataupun impian,harapan dsb dalam diri antara orang yang satu dengan orang yang lain nya tidaklah sama, melainkan berbagai macam atau bervariasi. Tapi yang terpenting demi kehidupan masyarakat yang baik pastinya. Semua warga akan dan sangat menginginkan hal itu.


10.       Suasana yang merdu
Mendengar sebuah kata “ merdu “,mengingatkan dalm sebuah alunan-alunan lagu yang sering kali ku dengar setiap hari. Alunan-aluna lagu itu tidak hanya dalm sebuah music yang sudah beredar dikalangan masyarakat, melainkan sebuah lagu yang asli dan murni keluar dari dalam tubuhnya atau suaranya. Tidak begitu sulit menebaknya karena setiap hari dia selalu berada dirumahku, karena dia merupakan bagian dari kepemilikan orang tuaku terutama ayahku.Suasana yang sepi akan menjadi ramai karena suaranya dia itu adalah ayam milik  ayahku. Ayam itu selalu dipelihara dengan baik. Dengan adanya suara itu dapt meramaikan suasana yang sepi. Suaranya sangat merdu. Ayam tersebut sangatlah banyak manfaatnya. Salah satunya dengan mendengar suaranya akan membuat kita semakin tambah semangat bekerja, akan tetapi hal itu bagi orang-orang tertentu saja yang menyukai untuk memelihara ayam atau menyukai kebiasaan-kebiasaan ayam-ayam yang membuatnya semakin terkesan.Terutama dilingkungan keluargaku atau tempat tinggalku, karena setiap hari selalu terdengar suara ayam yang sangat merdu dan sering kali pula ayam tersebut dapat juga membangunkan tidur,sehingga dapt membantu membangunkan orang tidur dan membuatnya tidak kesiangan. Dengan suarannya juga dapat menandakan bahwa hari sudah pagi. Dengan demikian banyak manfaat yang kita peroleh dengan memelihara ayam.Suasana-suasana yang sepi dan membosankan dapat menjadi ramai dan sangat merdu dengan suara ayam yang berkokok tersebut. Jika suasana merdu sering kita dengar maka dapat juga menghilangkan kestressan  seseorang, dengan demikian suasana yang merdu itu merupakan suasana yang sangat indah terdapat berbagai bunyi yang menyejukkan hati. Contohnya tidak hanya suara ayam berkokok, melainkan juga suara orang ngajiDidesaku juga sering mengadakan suatu acara pengajian, dan sebagainya. Dengan mendengar lantunan ayat-ayat suci al- quran yang dibacakan dalam pengajian tersebut dapat membuat hati para warga pun jadi tenang dan suasanapun menjadi indah nan merdu  dengan lantunan ayat-ayat al-quran tersebut. Sehingga dengan demikian banyaklah pula manfaat atau faedah yang dapat kita ambil dari acara pengajian tersebut. Suasana yang merdu itulah yang di inginkan oleh semua warga didesaku

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Profil Desa dan Kelurahan
JDIH KAB. PACITAN
Ditjen Pajak
Pendaftaran Domain desa.id

Info Media Sosial

Peta Desa

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Arjosari - Nawangan KM. 02
Desa JATIMALANG
Kecamatan Arjosari
Kabupaten Pacitan
Kodepos 63581
Telepon (0357) 631058
Email desa.jatimalang@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

VIDEO